DPMPTSP Bantul kembali masuk Zona Hijau dengan Kualitas Tertinggi
Lembaga negara pengawas pelayanan publik Ombudsman RI telah menggelar acara penganugerahan pada Kamis 14 November 2024 lalu, di Hotel Le Meridien Jakarta dengan hasil Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2024 terhadap 25 kementerian, 14 lembaga, 34 pemerintah provinsi, 98 pemerintah kota dan 416 pemerintah kabupaten.
Jumlah entitas yang dilakukan penilaian pada tahun 2024 sebanyak 587 entitas. Zona Hijau dengan Kualitas Tertinggi sebanyak 337 entitas, Zona Hijau dengan Kualitas Tinggi sebanyak 157, Zona Kuning dengan kualitas sedang sebanyak 70 entitas, Zona Merah dengan Kualitas Rendah sebanyak 14 entitas, dan Kualitas Terendah sebanyak 9 entitas. Pada kategori Pemerintah Kabupaten, dari 416 yang dinilai, 339 masuk ke Zona Hijau, 55 masuk Zona Kuning dan 22 masuk ke Zona Merah.
Seperti hasil penilaian pada 2023 lalu, DPMPTSP Kabupaten Bantul kembali masuk Zona Hijau dengan Kualitas Tertinggi, dengan nilai 97,60 atau lebih tinggi dari tahun 2023 (95,78), sehingga selama 3 tahun berturut-turut (tahun 2022, 2023, dan 2024) telah memperoleh Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tingkat Lembaga Pemerintah pada Zonasi Hijau Kualitas Tertinggi.
Penilaian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara kepada pelaksana layanan, wawancara pengguna layanan, observasi ketampakan fisik (tangible) dan pembuktian dokumen pendukung standar pelayanan. Sedangkan waktu penilaian dilakukan pada bulan Mei hingga September 2024.
Piagam diterima langsung oleh Kepala DPMPTSP Kabupaten Bantul, Dra. Annihayah, M. Eng. dari Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih, bersamaan dengan acara Kick Off Implementasi SAKIP Tahun 2025 dan Penyusunan Laporan Pemda Tahun 2024 di Ruang Mandhala Saba Purwa, Kompleks Parasamya, Kamis (02/01).
Hal ini menunjukkan komitmen kuat DPMPTSP Bantul dalam menghadirkan pelayanan publik yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan sebagai motivasi untuk terus meningkatkan mutu pelayanan bagi warga Kabupaten Bantul. DPMPTSP Bantul telah menyediakan berbagai fasilitas sarana prasarana pendukung pelayanan, media informasi mengenai layanan, serta mekanisme penanganan pengaduan.
~pm