30 April 2022 - Telp.0274 367867/email: izin.online@bantulkab.go.id/ WA:0813 2884 8393 /WA OSS pusat : 0811 6774 642 . /
TOTAL PENGUNJUNG : 2.230.146

Meningkatkan Kemampuan UMKM dalam Memasarkan Produknya Diulas pada Kegiatan Temu Bisnis


Bertempat di Hotel Ros In pada Kamis (21/03), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Kab. Bantul melalui kegiatan Peningkatan Koordinasi Kerjasama yang diampu oleh bidang Penamanan Modal, menyelenggarakan Temu Bisnis dengan mengundang peserta dari UMKM perajin perak, batik, gerabah dan asesoris Jetis, Banguntapan, Pajangan, Kasihan dan Sewon.

Kepala Bidang PM, Tri Murdianani, SE. membuka acara Temu Bisnis

Dibuka oleh Kepala Bidang PM, Tri Murdianani, SE., acara ini menghadirkan narasumber yang menarik, Cynthia Pinasthika, SE dari Asia Outsourcing Services Yogyakarta; Bayu sutikno, SE, Cand.Merc., PhD, dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM Yogyakarta; serta Arif Rohiman, seorang eksportir, pelatih, konsultan, dan motivator usaha.

Narasumber mengulas materi

Diulas dalam kegiatan tersebut tentang sudah umum diterapkannya aplikasi pada smartphone untuk operasional usaha, baik urusan permodalan maupun transaksi jual beli produk. Kelebihannya yaitu memudahkan operasional finansial untuk pengembangan usaha, tanpa harus mengurus aneka dokumen dan mengantri di Bank. Namun kelemahannya, masih ada pihak yang tidak bertanggungjawab sehingga pengguna aplikasi dituntut kewaspadaannya.

Seiring perkembangan zaman yang semakin modern, UMKM juga dapat memasarkan produknya melalui sarana media internet antara lain seperti Facebook, Youtube, Whatsapp, serta beberapa platform e-commerce seperti Bukalapak, Tokopedia dan lain sebagainya. Dalam e-commerce­ tersebut, penjual harus pintar menciptakan daya tarik tersendiri.

Peserta tengah menyimak ulasan Narasumber

Dalam meraih peluang pasar, UMKM dapat menerapkan majemen SWOT  (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat) untuk mengenali potensi kekuatan, kelemahan, kesempatan dari produk yang dimiliki serta ancaman yang mungkin timbul dalam usaha yang dijalankannya. Kemasan produk juga sebaiknya didasarkan pada prinsip dasar promosi yaitu AIDA (Attention, Interest, Desire, Action), untuk menimbulkan perhatian, rasa tertarik, keinginan untuk membeli dan akhirnya membeli. (pm)





Komentar Pengunjung